Study Wisata

Keramik-keramik Ciamik

 

            

 

Benda-benda yang terbuat dari keramik mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar siswa di SD BHK. Melalui kegiatan Study Wisata, siswa kelas III berkesempatan memperoleh pengetahuan tentang cara membuat keramik sekaligus mengalami langsung proses membuat berbagai benda yang berbahan dasar clay atau tanah liat ini.

Jumat, 10 Februari 2017, di tengah gerimis dan hujan, siswa-siswi kelas III berangkat menuju tempat  Study Wisata ke Rumah Keramik F. Widayanto yang berlokasi di Jln. Raya Curug Agung No. 1 Rumah Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat. Mereka berangkat dengan penuh semangat,  menggunakan 3 armada bus Fajar Trans

 

Tiba di lokasi, gerimis dan hujan ternyata tak kunjung berhenti. Namun, itu semua tak menyurutkan niat dan semangat mereka untuk belajar hal yang baru. Didampingi oleh 10 guru, sebanyak 164 siswa langsung masuk dalam kelompok yang sudah ditentukan. Ada yang masuk kelompok mewarnai gambar dengan motif batik, ada yang masuk ke kelompok mengenal cara membuat keramik dan praktik membuat keramik.

Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan  praktik membuat keramik ternyata sangat besar. Mereka sangat senang berkreasi membuat berbagai wujud benda dengan menggunakan cetakan yang sudah disediakan. Para guru pun menggunakan kesempatan baik ini untuk mencoba membuat benda-benda keramik sendiri. Dan hasilnya memang wow...ciamik! Sekalipun belum mengalami proses pembakaran, tetapi keramik-keramik itu sudah terlihat cantik. Hasil kreasi memang tidak bisa langsung dibawa pulang, tetapi harus menunggu sekitar 2 bulan lagi karena harus mengalami tahap selanjutnya yaitu pembakaran di oven bersuhu 800 sampai dengan 1.200 . Jika sudah siap, maka keramik pun siap dikirim ke sekolah. Kita tunggu saja. (Yuliana Widi H/BHK)

 

Add comment


Security code
Refresh