Program Kegiatan Kelas VI 2017

 

 

 PROGRAM KEGIATAN KELAS VI SD BUNDA HATI KUDUS

TAHUN PELAJARAN 2016-2017

  

A. JADWAL PRA TRY OUT SEKOLAH

NO

HARI/TANGGAL

MUATAN PELAJARAN

WAKTU

KETERANGAN

1

Senin, 6 Februari 2017

Matematika

07.00 – 09.20

Memakai LJK

2

Selasa, 7 Februari 2017

Bahasa Indonesia

07.00 – 09.20

 

 

IPA

09.40 – 11.25

Catatan :

1. Jawaban memakai LJK ( Lembar Jawab Komputer )

2. Siswa membawa clipboard, pensil 2b,saputangan/tissu, rautan, dan alat tulis lainnya.

 

Amabel, Gadis Manis Pengukir Prestasi

 

Belakangan ini, nama Amabel sedang menjadi buah bibir di kalangan para guru dan siswa SD BHK. Parasnya yang manis selalu tersungging senyum. Tutur katanya pun lembut dan santun. Putri tunggal pasangan bapak Henkie Hartono dan Ibu Fransisca Sibarani ini banyak diperbincangkan semenjak meraih juara I Pewarta Cilik Putri dalam kegiatan Perayaan Syukur atas Karunia Iman Keuskupan Bogor tanggal 14 Oktober lalu. Prestasi ini tentu tak lepas dari dukungan kedua orang tua tercinta, teman-teman, dan para guru terutama Ibu  Handriyani, Bapak Nano, dan Bapak Thomas yang secara intensif mendampingi dan melatih selama persiapan lomba.

Anak perempuan kelahiran Duri, 22 Maret 2004 ini bernama lengkap Amabel Nauli Wiananda, biasa dipanggil Mabel,  pernah  menjadi juara favorit Modern Dance BHK Fair bersama teman-teman kelompoknya. Ia juga pernah meraih juara 2 Lomba Mading Sekolah sewaktu kelas IV. Siswi kelas VI SD ini bercita-cita menjadi dokter. Untuk mendukung cita-citanya ia mempunyai kiat belajar khusus yaitu belajar untuk mengerti atau memahami bukan menghapal.

Ia memilih untuk bersekolah di BHK karena sekolah ini sesuai dengan iman Katolik, fasilitasnya baik ( ruangan terbukanya banyak) dan lokasinya dekat dengan rumahnya. Selama ini Mabel juga memperoleh kesan positif bahwa guru-guru, teman-teman, dan karyawan BHK menyenangkan, kegiatan sekolah seru dan kreatif.

 

Ketika ditanya tentang motto hidupnya,dengan tersenyum manis Mabel menjawab “ bersyukur dengan berbagi dan melayani”. Puji Tuhan! Sungguh berbahagia Papa Mama Amabel dengan putrinya ini. Sudah manis, berprestasi lagi!       

AKIK untuk Tamu dari SD Negeri 1 Saumlaki Ambon

 

Ada suasana yang berbeda di SD BHK pada hari Selasa, 17 November 2015 lalu. Hari itu unit SD kedatangan tamu jauh, tepatnya dari guru-guru SD Negeri I Saumlaki Ambon. Para tamu ini bermaksud untuk mengadakan studi banding di SD BHK. Layaknya menerima tamu, segala sesuatu pun bersiap menyambut mereka.

Sekitar pukul 08.00, sebanyak 29 bapak ibu  tiba di sekolah BHK. Rombongan langsung disambut oleh Sr. Regina  Pratiwi, PBHK dan staff, kemudian diantar memasuki aula SD. Di situ, persembahan musik tradisional kolintang dan nyanyian merdu anak-anak ekskul Paduan Suara menyambut. Para tamu terlihat gembira menyaksikan persembahan itu.

Dalam sambutannya, Sr. Regina menyampaikan bahwa setiap guru seharusnya mempunyai  “akik” . AKIK tersebut harus digosok setiap hari supaya semakin terlihat keindahannya. AKIK yang dimaksud adalah Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Komunikatif.

Setelah acara sambutan, para tamu berkenan untuk berkeliling ke kelas-kelas di Unit SD, melihat sarana prasarana pendukung KBM, dan juga mengunjungi Unit Kesehatan yang ada di sekolah kita.

Usai berkeliling, para tamu kembali ke aula untuk mengadakan acara ramah-tamah dengan para Suster dan Bapak Ibu guru. Mereka juga berkenan untuk menyanyikan lagu-lagu sebagai tanda persahabatan dan persaudaraan. Meski kurang memahami bahasa dan lagu tersebut, tetapi para Suster dan Bapak Ibu guru tetap larut sejenak dalam kegembiraan bernyanyi dan menari bersama itu. Acara ditutup dengan doa dan makan bersama.

 Terima kasih atas kedatangannya Saudara-saudaraku, bawalah pulang “AKIK” kita masing-masing. Semoga semakin hari semakin terpancarlah keindahannya!    

 

 

PERAN BESAR SI DOKTER KECIL

Mulai Tahun Pelajaran 2015-2016 ini, kegiatan ekstrakurikuler Dokter Kecil kembali dihidupkan setelah sempat vakum setahun yang lalu.Jika dulu peserta ekskul ini dipilih oleh sekolah, kini kesempatan terbuka lebar bagi siswa-siswi kelas IV – VI yang berminat mengembangkan bakat dan minatnya di bidang kesehatan. Khusus untuk siswa kelas VI, hanya diperbolehkan mengikuti kegiatan ini dalam semester I saja. Hal ini dimaksudkan supaya di semester 2 mereka lebih fokus pada belajarnya terutama untuk menghadapi ujian.

Kegiatan yang dibimbing oleh Bapak Dewo, Ibu Tari, dan Bapak Agung ini bertujuan untuk membekali siswa-siswi dengan pengetahuan dasar tentang kesehatan pribadi dan  P3K. Program kegiatan Dokter  Kecil adalah piket upacara bendera, periksa kuku,dan operasi semut, meski belum semua bisa terlaksana. Pemberian materi dan pelatihan diadakan setiap hari Sabtu kedua pukul 08.00- 10.00 di SD BHK, ditambah setiap tiga bulan sekali pemateri oleh dokter  atau suster Unit Kesehatan Sekolah.

 

Peran besar Dokter Kecil terlihat nyata terutama pada saat pelaksanaan upacara bendera di sekolah. Secara bergiliran, mereka bertugas untuk membantu teman-temannya dalam bidang kesehatan. Sigap dan cekatan itulah mereka. Terima kasih Dokter Kecil!